cara melunasi kartu kredit macet dengan mudah dan gampang


Hutang kartu kredit menumpuk, sementara Anda merasa tak mungkin untuk melunasi semua hutang hal yang demikian? Jangan panik dahulu. Selama ada niat untuk melunasi hutang hal yang demikian pasti ada jalan yang bisa kau tempuh. Besarnya utang kartu kredit bisa terjadi karena banyak hal, termasuk kurangnya pengetahuan bagaimana sistem bijaksana menggunakan kartu kredit. Model sederhana seumpama Anda cuma membayar tagihan minimum kartu kredit yang hasilnya hutang jadi berbunga terus menerus dan hasilnya membengkak.

Kemungkinan lainnya? Yes, mungkin Anda pernah mengerjakan gesek tunai alias gestun yang menyebabkan kau berhutang banyak pada bank penerbit kartu kredit hal yang demikian. Daripada bingung, lebih baik Anda ikuti enam sistem lunasi kartu kredit sebagaimana dibeberkan di bawah ini.
1. Berhenti Gunakan Kartu Kredit Untuk Sementara
Menghentikan pengaplikasian kartu kredit yakni sistem yang paling penting dalam rangka rencana melunasi tunggakan utangnya. Tak mengunakan kartu kredit memang bukan berarti bunga tagihannya akan stop. Melainkan minimal jumlah total tagihan akan lebih kecil dibanding Anda terus menambah hutang. Seandainya masih nekad konsisten mengunakan kartu kredit, dijamin rencana penyelesaian tunggakan cuma tinggal kenangan.
2. Buat Skala Prioritas yang Mau Dilunasi
Sistem ini memiliki perbedaan dari segi prioritas. Apalagi kalau Anda memiliki lebih dari dua kartu kredit yang semuanya menunggak hutang. Mana yang terbaik menjadi pilihan Anda, karena yang paling tahu keadaan keuangan yakni Anda sendiri.
1. Melunasi Kartu Kredit Dengan Bunga Terbesar
Lunasilah tunggakan kartu kredit yang bunganya paling besar terpenting dahulu. Kenapa? Karena bunga tagihan itu bisa membikin kau makin miskin kalau tak cepat diselesaikan. Sesudah kartu kredit itu lunas, Anda bisa konsentrasi dengan kartu kredit yang tunggakan bunga dan tagihannya lebih kecil.
Mudahnya demikian ini, Anda memiliki dua kartu kredit dengan tagihan yang cukup besar. Budget untuk membayar dua kartu kredit yakni Rp2 juta tiap-tiap bulannya. Tagihan minimum kartu kredit A yakni Rp500 ribu dengan bunga 4 persen. Sementara tagihan minimum kartu kredit B yakni Rp400 ribu dengan bunga 3 persen.
Dianjurkan untuk membayar tagihan minimum untuk kedua kartu kredit itu yakni totalnya Rp 900 ribu. Sementara sisa dari budget yang sudah dialokasikan bisa untuk membayar hutang tunggakan untuk kartu kredit A. yang bunganya lebih tinggi. Jadi Anda membayar untuk kartu kredit A yakni Rp500 ribu + Rp1.1 juta yakni totalnya Rp1.6 juta.
Oh ya, meskipun pembayaran tagihan minimum tak dianjurkan, tapi sistem ini bisa dilakukan kalau Anda benar-benar tak memiliki uang untuk melunasi semua tagihan.
2. Melunasi Kartu Kredit dengan Tagihan Hutang Terkecil Terpenting Dulu
Opsi lain yakni melunasi kartu kredit dengan memprioritaskan tunggakan hutang paling kecil terpenting dahulu. Sesudah hutang kartu kredit yang kecil lunas, maka barulah konsentrasi pada hutang kartu kredit yang lebih besar.
3. Gali Lubang Kecil Untuk Tutup Lubang Besar
Sistem ini memang agak ganjil, tapi bisa Anda lakukan kalau benar-benar berambisi mau lepas dari hutang kartu kredit. Anda bisa mencari pinjaman hutang untuk melunasi kartu kredit hal yang demikian. Melainkan perlu diingat kalau pinjaman baru itu wajib memiliki bunga yang lebih kecil dari bunga kartu kredit yang mau dilunasi.
Seumpama bunga kartu kredit A yakni 3 persen, maka pinjaman baru Anda haruslah memiliki bunga di bawah 3 persen, syukur-syukur tak ada bunga sama sekali. Sistem ini terbilang ekstrim tapi kadang-kadang efektif karena bisa membikin bobot hutang berkurang meskipun butuh waktu lama.
4. Jual Aset Atau Gunakan Tabungan
Seandainya Anda memiliki aset atau tabungan, segera lunasi hutang kartu kredit Anda dengan dua hal tadi. Lebih baik tak punya apa-apa ketimbang wajib berhutang dan membikin tidur tak nyenyak. Anda pasti tahu kalau hutang kartu kredit menggunakan sistem bunga berbunga (compound interest), sehingga makin cepat kau selesaikan, maka kemungkinan hutang membengkak akan semakin kecil.
5. Mencari Pemasukan Tambahan
Hutang kartu kredit yang menumpuk wajib disikapi dengan niat untuk membayarnya. Salah satu solusi yang bisa dilakukan yakni dengan mencari pemasukan tambahan untuk membayar hutang hal yang demikian. Aktivitas mencari tambahan pemasukan ini bisa Anda lakukan ketika weekend atau malam hari sepulang dari profesi rutin.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+