Tips Bagus Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak

Tips Bagus Untuk Meningkatkan Minat Baca AnakMembaca memang terkadang suatu hal yang malas untuk dilakukan. Padahal, dari kebiasaan membaca ini tentu akan memberikan banyak manfaat untuk mereka yang melakukannya. Sebaiknya kebiasaan membaca ini diturunkan oleh orang tuanya kepada anak-anaknya, karena dengan membaca tentu seseorang akan mendapatkan banyak pengetahuan, ilmu dan terus mengembangkan sistem kerja otak. Untuk itu, sebaiknya segera lakukan tips meningkatkan minat baca pada anak sejak dini. Memang hal ini tidak mudah, namun peranan orang tua disini sangatlah penting dalam mengarahkan anak-anaknya.



Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam tips meningkatkan minat baca anak, yang tentunya bisa dilakukan oleh para orang tua, antara lain :

· Hal yang bisa dilakukan oleh orang tua pertama kali adalah, menemani anaknya saat membaca buku. Dengan orang tua selalu memberikan perhatiannya kepada anak, begitu juga pada saat membaca, tentu akan membuat anak mengenali kebiasaan membaca. Anak pun akan merasa lebih senang bila ditemani oleh orang tua. Waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk orang tua lebih mengenalkan buku bacaan.
· Berikan buku sesuai dengan usianya. Memang cukup sulit untuk memilih buku yang sesuai dengan usia dan kapasitasnya. Bila orang tua merasa bingung, coba tanyakan kepada gurunya di sekolah atau bisa bertanya langsung ke toko buku, buku apa yang cocok untuk anak. Dengan memilih buku yang tepat, tentu akan mengambil perhatian anak akan penting dan menyenangkannya kegiatan membaca. Hal ini juga, bisa menjadi cara tepat yang mampu menumbuhkan rasa kesukaannya terhadap buku bacaan.
· Apabila orang tua bingung untuk memilih buku bacaan yang tepat untuk anak, sebaiknya biarkanlah mereka yang memilihnya sendiri. Ketika ada acara untuk menghabiskan waktu bersama di luar rumah, orang tentu bisa mengajaknya ke toko buku. Jangan hanya mengajak anak ke toko baju atau toko mainan, tapi juga ajaklah mereka ke toko buku yang akan memberikan banyak manfaat untuknya. Disana, biarkanlah dia bebas memilih buku bacaan yang dia sukai, namun tentu orang tua harus tetap mendampinginya. Hal ini tentu bisa menjadi tips meningkatkan minat baca anak, dan bisa terbawa sampai mereka dewasa.
· Anak-anak biasanya lebih menyukai bermain bersama teman-temannya, bermain game, main play stasion atau menonton tv. Mereka kadang akan bermalas-malasan untuk membaca buku, bahkan mereka akan mengambil alasan kalau mereka tidak ada waktu untuk membaca. Sebagai orang tua, hal ini tentu harus segera diatasi, agar anak dididik disiplin dan bisa membagi waktunya sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan mengajaknya membaca buku bersama, minimal 30 menit dalam sehari. Sejenak matikan televisi dan alat permainan anak-anak, dan ajak anak untuk membaca buku bersama. Dengan dukungan keluarga dan anggota keluarga lainnya, anak tentu akan lebih menyukai membaca.
· Tips meningkatkan minat baca anak yang terakhir yaitu bisa dengan membaca buku bersama anak dengan suara yang keras. Ternyata, mengeluarkan suara yang lantang bagus untuk stimulasi anak, meningkatkan kemampuan dalam menyebutkan kosa kata dengan benar, meningkatkan imajinasi anak, dan tentunya bagus untuk sistem kerja otaknya. Hal ini juga bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

Itulah beberapa tips meningkatkan minat baca anak. Semoga dengan seringnya membaca, maka anak kita akan semakin luas wawasannya dan bertambah pengetahuannya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+