cara melunasi hutang bank yang mencekik leher


Salah satu yang mesti dipandang ialah problem keuangan. Di mana, Anda mungkin saja belum merdeka dari segi finansial, terutama masih berada dalam jeratan utang. Memang, utang atau juga awam disebut dengan pinjaman ialah solusi hal yang paling tak jarang dikerjakan oleh orang saat mengalami problem keuangan. Melainkan, terbukti utang kebanyakan bahkan menjadi bumerang bagi si peminjam karena kadang saat berutang mereka tidak memperhatikan risiko jangka panjangnya.

Dalam hal ini tentu kita tidak bisa mengatakan seandainya utang ialah sebuah pilihan yang buruk, karena bisa jadi utang ialah satu-satunya jalan yang tersedia. Sekiranya Anda termasuk ke dalam klasifikasi orang yang sedang terlilit utang dan mau cepat memecahkannya, maka mesti mencoba 10 sistem cepat untuk terbebas dari utang. Bagaimana caranya ? Berikut 10 sistem tepat untuk terbebas dari utang:
1. Prioritaskan  Melunasi Utang dengan Bunga yang Tinggi Terlebih Dahulu
Utang dengan bunga yang amat tinggi sudah pasti akan terasa mencekik Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda terutama dulu melunasi utang dengan bunga yang tinggi terutama dulu. Berdaya ini butuh perjuangan ekstra dan bisa saja Anda mesti konsentrasi mengerjakan penghematan demi melunasi utang tersebut. Melunasi utang dengan bunga tinggi bukan berarti Anda mesti memungkiri utang yang lain. Sekiranya ada dana yang masih cukup, lantas lunasi juga utang yang lainnya.
2. Evaluasi Pemasukan dan Pengeluaran Anda
Setiap bulan cek sejumlah tagihan yang mesti Anda bayar dengan penghasilan bulanan. Dikala cek tagihan, perhatikan pula secara mendetail pengeluaran Anda dari hal yang besar sampai hal terkecil, seperti mulai dari tarif untuk makan di cafe, Belanja, Rekreasi, dan berikutnya. Dengan sistem ini mungkin Anda akan kaget seandainya memperhatikan satu atau sebagian keperluan yang sebetulnya tidak terlalu penting, tapi menerima porsi tarif yang besar daripada yang lain. Sekiranya Anda sudah menemukan keperluan yang memberatkan tersebut, lantas lakukan evaluasi dan sebaiknya Anda menghapus keperluan tersebut dari anggaran bulanan di jangka waktu berikutnya. 
3. Membikin Anggaran dan Mulai Melunasi Utang Anda
Setelah selesai mengerjakan evaluasi pemasukan, sekarang saatnya bagi Anda untuk mulai melunasi utang. Menghilangkan keperluan yang tidak perlu tentu tidak akan membuat Anda menikmati kehilangan yang besar, karena memang keperluan tersebut bukanlah keperluan primer. Semisal Anda tidak terlalu menyenangi pergi ke cafe, tapi terbukti pada bulan tersebut Anda mengeluarkan banyak tarif untuk makan di cafe bersama keluarga. Berdaya-hal seperti itulah yang mesti untuk Anda kurangi .
4. Metode Cerdas dalam Berbelanja
Selama Anda berada dalam misi untuk melunasi utang, maka Anda juga mesti untuk berpikir cerdas dalam membelanjakan uang. Sebagai teladan, saat pergi ke kantor, Anda terbiasa untuk membeli makanan untuk sarapan dan makan siang dengan estimasi tarif sebesar Rp20.000 per hari. Untuk lebih menghemat uang, Anda sebetulnya bisa membawa makanan dari rumah pada saat akan pergi ke kantor. Sekiranya di hitung tiap-tiap minggu, Anda bisa menghemat sebesar Rp100.000 dan tiap-tiap bulan akan menjadikan uang sebesar Rp440.000, jumlah uang yang lumayan besar untuk melunasi utang bukan?
5. Mencari Pekerjaan Tambahan
Sekiranya Anda merasa waktu dalam seminggu masih menyisakan banyak waktu lengang untuk menerima tambahan pekerjaan, maka hal tersebut juga bisa Anda maksimalkan. Sekiranya pekerjaan tambahan yang Anda incar juga mesti disesuaikan dengan skill yang dimiliki, agar Anda tidak memakan banyak waktu untuk melaksanakannya, mengingat Anda juga memiliki pekerjaan utama. Dikala Anda merasa linglung mencari pekerjaan, maka Anda bisa menjadi seorang online freelancer. Menjadi online freelancer bisa menjadi pilihan yang baik juga bagi Anda, karena dengan menjadi freelancer Anda bisa berprofesi dari rumah selagi bersantai bersama keluarga. Dikala ini sudah ada sebagian web freelancer di Indonesia yang sebaiknya Anda kunjungi seandainya mau menerima pekerjaan tambahan.
6. Pastikan Pengeluaran Anda Lebih Sedikit Dikala Pemasukan
Berdasarkan pengeluaran Anda lebih besar dari pendapatan, maka hampir bisa dipastikan Anda akan gagal dalam usaha lepas dari lilitan utang.  sebagian teori perencanaan keuangan, total pengeluaran Anda untuk tarif rutin bulanan tidak boleh dari sepertiga penghasilan bulanan. Sisa dana yang 2/3 tersebut bisa Anda manfaatkan untuk tabungan, investasi, asuransi, dan juga persiapan dana darurat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+