Tips dan cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk


Ketika memiliki utang kartu kredit, tak jarang orang-orang memiliki lebih dari satu tipe kartu kredit. Adanya tunggakan di bermacam kartu kredit tentunya bisa membuat utang kartu kredit menjadi menumpuk dan semakin sulit dilunasi. Mempunyai beberapa utang kartu kredit sekalian memang seringkali bisa membuat kepala menjadi pusing, karenanya dari itu simak cara melunasi utang kartu kredit yang menumpuk dalam beberapa poin berikut:

Stop Memakai Kartu Kredit
cara melunasi utang kartu kredit yang menumpuk: berhenti mengaplikasikan kartu kredit.jpegLangkah paling pertama yang bisa Anda lakukan sebagai cara melunasi utang kartu kredit yang menumpuk, yakni dengan berhenti mengaplikasikan kartu kredit. Tak ada gunanya berprofesi keras mencari cara untuk melunasi utang bila Anda sendiri tak berhenti mengaplikasikan kartu kredit. Dengan terus menerus berbelanja mengaplikasikan kartu plastik ini, sempurna tunggakan Anda akan semakin meningkat. Sebisa mungkin, simpan kartu kredit jauh dari Anda, melainkan pastikan diletakkan di daerah yang aman. Langkah ini akan membantu Anda untuk mengontrol keinginan untuk berbelanja, dan konsisten melindungi keamanan kartu kredit sekalian.
Susun Ulang Anggaran Anda
Setelah berjanji untuk tak lagi mengaplikasikan kartu kredit, langkah berikutnya yakni dengan membentuk ulang anggaran Anda, terlebih di pengeluaran. Hitung lagi berpa besar pendapatan bulanan Anda, lalu hitung juga bermacam pengeluaran konsisten yang dilakukan tiap bulan. Sebagian pengeluaran yang pasti misalnya sewa rumah (bila menyewa), tarif makan, BBM, dan asuransi. Sisihkan uang untuk klasifikasi-klasifikasi ini terlebih dahulu, sebab umumnya yakni tarif yang penting dikeluarkan tiap bulan.
Di ketika memiliki keinginan untuk melunasi utang kartu kredit yang menumpuk, umumnya ada hal yang juga wajib dikorbankan. Ya, Anda wajib merelakan kehidupan sosial, artinya akan ada pemotongan besar-besaran di tarif hiburan. Anda wajib mengurangi intensitas belanja, makan di kafe, atau berpergian demi menghemat.
Lihat Simpanan Uang yang Sudah Dialokasikan untuk Kalau Lainnya
cara melunasi utang kartu kredit yang menumpuk: memanfaatkan tabungan.jpegApakah dalam beberapa waktu akhir-akhir ini Anda telah rutin menabung untuk dialokasikan ke hal-hal tertentu, misalnya membeli aset atau sebagai tarif bertamasya? Kalau ya, ada bagusnya untuk mengalokasikan uang hal yang demikian ke hal lain yang lebih prioritas, yakni membayar utang tertunggak yang masihberjalan sampai ketika ini. Pikirkan bagus-bagus apakah akan lebih arif bila memaksakan kehendak untuk mengalokasikan uang di pos-pos hal yang demikian, daripada melunasi utang yang telah jelas-jelas tertunggak sampai ketika ini.
Mengerjakan dana-dana darurat yang telah Anda miliki dalam beberapa ketika terakhir untuk membantu pelunasan utang. Cek lagi berapa nominal di rekening bank, dan hitung ulang berapa besar nominal yang bisa Anda gunakan untuk mulai melunasi sisa utang yang ada.
Umumnya Refinancing
cara melunasi utang kartu kredit yang menumpuk: refinancing.jpegSecara simpel, refinancing diartikan sebagai langkah mengaplikasikan pinjaman baru untuk melunasi utang yang lama, hanya saja pinjaman yang baru ini memiliki ketetapan yang lebih meringankan dibanding utang yang lama, misalnya bunga yang lebih rendah. Program refinancing bisa menjadi langkah yang tepat dan arif bila Anda sanggup memilih program yang benar-benar bagus dan tak semakin memberatkan.
Turut dalam mengajukan program refinancing, akan diperlukan jaminan (bisa berupa properti / kendaraan). Nantinya aset yang Anda ajukan hal yang demikian akan ditaksir, dari sinilah Anda bisa mendapatkan pinjaman baru. Jadi, uang tunai yang Anda dapatkan ini bisa langsung dimanfaatkan untuk membayar sisa tunggakan lama. Sementara itu, Anda juga wajib mengangsur pinjaman yang diperoleh sampai lunas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+