Trik Memulai Bisnis Gudang Bagi Pemula


Tahukah anda bagaimanan sih memulai bisnis gudang bagi pemula yang simple dan mudah dilakukan? Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang bermunculan di berbagai wilayah tentunya membuat kebutuhan terhadap gudang juga semakin meningkat. Bahkan di berbagai daerah bisnis semacam ini makin cepat perkembangannya.
Selama ini gudang memang dipakai untuk menyimpan barang, mengelola dan mendistribusikan barang perusahaan. Melihat perannya yang begitu penting bagi sebuah perusahaan maka tak heran jika kini jasa sewa gudang maupun jual beli gudang juga semakin menjamur. Bila anda tertarik ingin berkecimpung dalam bisnis gudang maka pastikan anda memahami dengan cermat metode untuk memulai bisnis tersebut.

Menjalankan sebuah bisnis memang membutuhkan persiapan yang matang, baik dari segi modal maupun pengetahuan seputar bisnis tersebut. Hal ini juga berlaku untuk bisnis gudang yang juga membutuhkan persiapan terutama bagi para pemula yang ingin terjun dalam bisnis yang sedang banyak diminati ini.
Tips Sukses Bisnis Gudang Bagi Para Pemula
Bagi anda yang berencana ingin memulai bisnis sewa ataupun jual beli gudang ada banyak hal yang sebaiknya diperhatikan. Di bawah ini beberapa tips dan trik yang sebaiknya anda perhatikan dan bisa anda terapkan terutama bagi pemula.
1.     Tentukan Tipe Gudang
Ketika akan memulai bisnis sewa maupun jual beli gudang maka sebaiknya tentukan terlebih dahulu tipe gudang tersebut. Sebab dalam dunia logistik dikenal beberapa jenis gudang sesuai dengan karateristik penyimpanannya. Contonya gudang penyimpanan bahan baku, gudang transit, gudang pusat sortir, gudang barang setengah jadi dan lain sebagainya. Pastikan anda mengetahui ukuran dan alat dari masing-masing gudang tersebut. Sebaiknya hindari gudang untuk bahan kimia karena lebih berisiko.
2.     Alat dan Bahan yang Memadai
Sebagai penyedia jasa sewa gudang ataupun jual beli gudang maka anda harus memiliki peralatan serta bahan yang memadai untuk menunjang aktivitas di dalam gudang tersebut. Tetapi jika modal yang anda miliki tidak terlalu banyak maka anda bisa menawarkan gudang kosongan dan pihak pembeli yang akan mengisi sendiri gudang tersebut.
3.     Menentukan Layanan Sewa Gudang
Ketika anda ingin berbisnis gudang maka tentukan juga layanan sewa gudang tersebut jika anda ingin menyewakannya. Silakan pilih sistem sewa harian, bulanan, per pallet, per CBM atau per meter kubik. Semakin banyak pilihan sistem layanan sewa yang anda tawarkan maka klien akan semakin senang dan nyaman memilih layanan tersebut.
4.     Ukuran Gudang
Sebelum berbisnis gudang sebaiknya silakan tentukan ukuran gudang tersebut secara teliti. Sebab ukuran gudang berkaitan dengan kapasitasnya dalam menyimpan barang perusahaan. Selain iu buatlah layout gudang sehingga anda bisa menentukan lokasi barang masuk dan keluar secara mudah dan sesuai keinginan perusahaan.
5.     Lokasi yang Strategis
Supaya bisnis yang anda jalankan ini dapat berjalan lancar dan diminati klien maka silakan pilih gudang yang lokasinya strategis. Lokasi yang strategis tentu akan meminimalisir risiko banjir, mempermudah transportasi distribusi barang serta menghemat biaya transportasi pengiriman barang.
Itulah tadi penjelasan singkat bagaimana memulai usaha jual gudang ataupun membelinya yang bisa bisa anda lakukan. Bila anda berencana ingin berbisnis jenis properti yaitu gudang maka silakan perhatikan trik-trik di atas agar bisnis anda berjalan lancar dan semakin dikenal oleh klien dari berbagai perusahaan. Semoga tips simple memulai bisnis gudang bagi pemula yang mudah dilakukan ini bisa menambah wawasan yang bermanfaat ya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+