Langkah - langkah awal memulai usaha Sendiri Dengan mudah


Membuka usaha sendiri bisa menjadi suatu kesempatan bagi Anda untuk menghasilkan uang. Seandainya Anda beratensi membuka usaha sendiri, Gajimu akan memberikan kiat langkah-langkah yang sepatutnya dikerjakan sebelum membuka usaha sendiri.
Ketika ini, banyak orang-orang yang semakin sulit untuk mendapat profesi, apalagi bagi orang-orang yang tak memiliki keahlian khusus. Membuka usaha sendiri bisa menjadi suatu kesempatan bagi Anda untuk menghasilkan uang.

Memang tak bisa dipungkiri, usaha sendiri terdengar sangat mengiurkan, menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan profit yang diperoleh sekiranya usaha hal yang demikian sukses tergolong besar. Akan namun, resiko yang dihadapi pun jadi jauh lebih besar dibanding menjadi karyawan perusahaan.
Seandainya Anda beratensi membuka usaha sendiri, Gajimu akan memberikan kiat langkah-langkah yang sepatutnya dikerjakan sebelum membuka usaha sendiri.
1. Menganalisa ragam usaha terkait
Anda sepatutnya memastikan bahwa usaha yang Anda dirikan yakni ragam usaha yang Anda minati. Setelah itu akan lebih bagus sekiranya disokong dengan keahlian dan pengalaman Anda di ragam usaha hal yang demikian. Lakukan analitik  Break Event Point untuk memastikan potensi yang ada dalam ragam usaha Anda. Setelah itu jabarkan rencana usaha Anda secara rinci (Sales forecast, analitik  arus kas,etc). Setelah itu susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan usaha Anda hal yang demikian.
2. Rencanakan Bisnis Anda dengan membentuk konsep yang pantas
Seandainya Anda akan mencari pendanaan dari luar, rencana usaha/business plan proposal yakni sebuah keperluan. Seandainya Anda akan membiayai usaha itu sendiri, rencana usaha juga akan menolong Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda akan butuhkan untuk memulai, apa yang perlu untuk dikerjakan kapan, dan di mana Anda tuju.
Modal yakni faktor penting dalam memulai usaha sendiri. Banyak orang berkeinginan memulai usaha, namun tak memiliki modal sehingga tak jalan. Modal bisa diwujudkan dari : modal sendiri dari hasil menabung, mencari modal dari pemodal, atau meminjan uang dari bank, dan cara partnership. Legal modal awal, Anda juga sepatutnya memiliki minimal tiga bulan dari  anggaran keluarga Anda dalam bank
Anda juga bisa memulai bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller (pengecer) dari suatu produk atau barang
4.  Jadikanlah usaha Anda sebagai usaha yang Akta dan diakui undang-undang
Tentukan struktur undang-undang untuk usaha Anda
·         Pilih nama yang bagus bagi usaha Anda
·         Daftarkan nama usaha Anda terhadap Ditjen HKI sebagai merek dagang sah dan sah di mata undang-undang
·         Siapkan dokumen-dokumen organisasi
Uruslah surat-surat perijinan usaha, seperti  Pendirian perusahaan, Nama Perusahaan, Hak atas nama perusahaan, Pengakuan dan peresmian
5. Perluas Networking Anda
Networking bisa menjadi landasan untuk kelangsungan usaha Anda. Anda bisa bergabung dengan komunitas yang terkait dengan ragam usaha Anda. Setelah ini bisa Anda lakukan sebelum Anda memulai usaha sendiri, sehingga pada ketika Anda mulai memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan, Anda sudah memiliki networking yang luas.
Semoga kiat dari Gajimu ini bisa memberikan pencerahan bagi Anda yang berkeinginan memulai usaha sendiri. Selamat berusaha, semoga sukses!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+