Inilah cara membuka usaha sendiri di rumah Dengan Aman


Banyak orang yang memiliki harapan untuk memiliki bisnis sendiri, tetapi terhalang oleh modal yang dibutuhkan. Solusi terbaiknya adalah mengawali bisnis berbasis rumahan. Anda bisa memanfaatkan tempat kosong yang ada di rumah seperti halaman, garasi, dan dapur untuk mengawali melaksanakan bisnis. Dengan memanfaatkan rumah, Anda bisa menghemat biaya modal yang cukup besar, sehingga modal yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Berikut adalah beberapa metode yang sepatutnya Anda lakukan ketika mau sukses mengawali bisnis rumahan.

 Meminta Dukungan Keluarga
Keluarga menjadi faktor lebih-lebih sebelum mengawali bisnis, apalagi bila Anda baru akan merintis bisnis. Keluarga menjadi pendukung dari segi materil dan non materil. Kalau sampai keluarga tidak menyokong, bisnis yang Anda jalani akan semakin sulit berkembang, malah bisa menjadi gagal karena tidak adanya dukungan dari keluarga. Oleh karena itu dalam berbisnis, dukungan keluarga benar-benar dibutuhkan, mulai dari awal merintis sampai sampai sukses nanti.
Belajar Administrasi
Meskipun bisnis yang dijalani hanya sekelas rumahan saja, tetapi Anda juga perlu menguasai administrasi padahal hanya simpel. Senantiasa lakukan pencatatan administrasi dengan tertib padahal nilainya terbilang kecil dan jangan pernah mencampurkan keuangan milik pribadi dengan bisnis. Sebab salah satu pondasi utama untuk kelangsungan bisnis yang akan Anda jalani agar bisa sukses adalah persoalan administrasi.
Jauhkan Pikiran Dari Kegagalan
Tiap bisnis hanya memiliki 2 pilihan, adalah sukses atau gagal. Seorang pebisnis sejati tidak akan pernah merasa takut gagal, padahal masih menjadi pemula. Kalau dari awal sudah merasa tidak yakin dengan bisnis yang dijalani, maka bisa dipastikan kedepannya bisnis akan mengalami kegagalan. Mental pebisnis umumnya akan kuat seiring berjalannya waktu dan rintangan yang sudah dihadapi, butuh progres panjang agar bisa meraih kesuksesan. Jadi, tanyakan pada diri sendiri, kuat mana antara berfikir sukses dan gagal sebelum mengawali bisnis.
Tentukan Visi & Misi Bisnis
Memutuskan visi dan misi penting untuk menentukan arah tujuan bisnis kedepannya, padahal bisnis hanya sekelas rumahan, tetapi Anda juga sepatutnya menentukannya dengan terang. Sehingga ketika bisnis berjalan, akan ada tujuan terang yang dicapai kedepannya, tidak asal hanya berjalan tetapi sepatutnya memiliki sasaran. Tanpa adanya visi dan misi, apa yang menjadi tujuan dan bagaimana metode menempuh tujuan itu menjadi sulit untuk di capai.
Hitung Keperluan Modal
Anda tidak akan bisa melaksanakan bisnis bila modal yang Anda miliki belum cukup. Hitung secara teliti mana saja kebutuhan yang paling penting agar bisnis bisa berjalan. Hindari pembelian barang-barang yang dirasa belum perlu. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah untuk mulai berbisnis seperti halaman, garasi, dapur, peralatan masak, dan lain sebagainya.
Pilih Bidang yang Layak Passion
Nilai penting untuk mengawali bisnis adalah sesuai dengan passion yang Anda miliki. Kenapa sepatutnya sesuai dengan passion yang dimiliki? Sebab bila dilandasi dengan passion, maka apa yang Anda lakukan akan lebih penuh semangat dan terasa lebih ringan. Saat bisnis dikerjakan dengan penuh semangat, bisnis akan kencang meraih kesuksesan. Hindari memilih bidang yang tidak sesuai dengan passion. Jadi bila Anda menyenangi bidang fotografer, Anda bisa membuka jasa foto di rumah, atau bila Anda menyenangi memasak, Anda bisa mengawali bisnis kuliner.
Pilih Waktu untuk Mengawali
Membangun bisnis tidak bisa dikerjakan secara asal-asalan. Jangan terburu-buru, karena bisnis membutuhkan perhitungan yang jitu, salah sedikit saja Anda bisa mengalami kerugian. Kalau Anda salah memilih waktu, maka bisnis Anda akan mengalami kegagalan. Teladan saja ketika mendekati Bulan Ramadan, yang paling tepat adalah bisnis berjualan busana muslim dan kudapan manis lebaran.
Tentukan Keunikan Dari Produk
Saat Anda sudah mengawali bisnis, agar produk yang Anda miliki bisa di terima bagus oleh konsumen, Anda sepatutnya memiliki produk yang lebih unik dibanding produk sejenis. Apalagi sekarang ini kompetisi semakin ketat, sehingga tiap produk yang dijual sepatutnya bisa memikat dan menarik hati pelanggan. Selain itu, dengan mengaplikasikan produk yang unik, brand Anda akan lebih gampang diingat oleh para konsumen.
 Setelah melaksanakan kesepuluh metode di atas untuk mengawali bisnis rumahan, hal selanjutnya yang harys Anda lakukan adalah pengelolaan keuangan dengan tepat. Dengan pengelolaan keuangan secara tepat, bisnis akan semakin berkembang dan sukses. Jurnal adalah software akuntasi online yang menolong Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan gampang, aman, dan kencang. Anda bisa melaksanakan pencatatan tiap transaksi bisnis di mana malah, tidak perlu mengaplikasikan buku akuntansi yang tebal dan berat, Anda bisa mengaplikasikan telpon pintar yang Anda miliki.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+