Ketahui cara melunasi hutang riba dengan baik dan benar


Ada banyak problem yang terjadi dengan adanya hutang riba, dan salah satunya yaitu mencari tahu sistem melunasi hutang riba. Tak jauh berbeda dengan sistem melunasi hutang rentenir, anda semestinya menstartegikan bagaiman sistem fektif yang bisa dengan mudah menjadi langkah terbaik dalam sistem melunasi hutang riba yang akan kita bahas kali ini. Melainkan, tenag saja, bila anda masih belum menemukan jalan keluar, kami masih memiliki solusinya.

1. Tetapkan tujuan
Seandainya Anda serius seputar menyelamatkan diri dari tipe hutang riba. Anda perlu mempertimbangkan tujuan sehingga Anda tahu apa yang Anda menabung. Entah itu perjalanan ke Jepang yang Anda harapkan bisa dilaksanakan dalam sebagian bulan atau tabungan untuk pensiun, memiliki tujuan yang amat spesifik akan membantu Anda tetap bermotivasi dan di jalur  dan mencontoh sistem melunasi hutang riba ini seperti sistem melunasi hutang bank.
2. Pangkas pengeluaran
Pertimbangkan pemangkasan biaya. Setelah Anda tahu berapa banyak yang Anda habiskan setiap bulan, Anda bisa mempertimbangkan area mana yang ingin Anda kurangi sehingga Anda bisa memenuhi tujuan penghematan Anda. Bagi mereka yang berpendapatan rendah sampai sedang, melunasi utang yaitu perencanaan pajak terbaik yang bisa Anda lakukan. Itu karena Anda tak membayar pajak atas profit modal di rumah Anda dan tak ada pajak atas laba yang Anda dapatkan untuk keluar dari utang .
3. Otomatiskan!
Atur transfer dana otomatis ke tabungan ke rekening tabungan sehingga jumlah yang ditentukan katakanlah 10% dari penghasilan kumal bulanan Anda yang datang dari paycheque Anda secara otomatis. Dengan sistem ini, itu bukan problem menemukan tekad untuk menabung setiap bulan. Jadi simpan dulu untuk tujuan yang Anda miliki dan kemudian habiskan apa yang tersisa seperti sistem mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil.
4. Jangan mencobai diri sendiri
Hilangkan godaan untuk mengatur pengeluaran. Lupakan roaming melewati mal dan warung buku di mana pembelian spontan yaitu hal awam. Sebaliknya, kunjungi gym atau bergabung dengan klub buku untuk tetap sibuk dan terlibat. Salah satu strategi untuk melaksanakan sistem melunasi utang riba dengan pesat yaitu sistem penumpukan. Ini minta Anda untuk mendaftarkan seluruh utang Anda dalam urutan menurun dari suku bunga tertinggi lebih-lebih dulu ke bawah. Taktik ini mewajibkan Anda melaksanakan pembayaran minimum untuk seluruh utang Anda sambil membimbing sisa dana Anda menuju pinjaman dengan suku bunga tertinggi.
Setelah itu terbayar, Anda akan melaksanakan hal yang sama dengan utang tingkat bunga tertinggi berikutnya di daftar Anda. Cara kedua untuk membayar utang yaitu strategi melunasi dari yang terendah. Di sinilah Anda fokus untuk membayar utang Anda dari jumlah terkecil ke jumlah tertinggi dengan melaksanakan pembayaran minimum untuk seluruh utang Anda dan menempatkan sisanya kepada yang memiliki jumlah terendah seperti kartu kredit, katakanlah. Membayar utang kecil bisa memunculkan perasaan berprestasi, yang yaitu unsur semangat penting bagi mereka yang mungkin merasa kewalahan oleh utang mereka.
5. Hilangkan seluruh biaya non-esensial
Langkah pertama seputar sistem melunasi utang dan menyimpan uang yaitu memantau pengeluaran Anda. Anda semestinya mempertimbangkan Anda tak memiliki kebocoran uang. Misalnya, tipe kebocoran yang paling awam yaitu pengeluaran otomatis yang ditarik dari akun Anda yang sudah lama Anda lupakan. Anda tahu bahwa berlangganan majalah, garansi yang tak perlu atau keanggotaan gym. Lihatlah laporan bank Anda dan soroti setiap pengeluaran yang tak Anda perlukan lagi. Uang tambahan ini yaitu tabungan otomatis tanpa banyak usaha.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+