Begini lhoo cara melunasi lilitan hutang dari bank yang benar


Anda punya utang di bank ANZ, Standard Chartered, Citibank, HSBC, Bank Mega, Permata, atau di bank lainnya? Dilema utang dengan bank memang senantiasa menjadi topik yang tidak ada habisnya. Melainkan jangan kuatir, kami menyiapkan beberapa cara melunasi utang bank yang bisa langsung Anda lakukan. Simak tulisan berikut agar Anda bisa langsung memecahkannya.

Ingat Lagi Alokasi Utang
Cara melunasi utang yang menumpuk.jpgCara melunasi utang bank yang pertama ialah dengan memandang lagi untuk apa saja uang tersebut dialokasikan. Lihat lagi mana yang bersifat produktif atau konsumtif. Kalau sudah, cobalah untuk menghitung total utang yang Anda miliki beserta bunga yang dikenakan, sehingga Anda bisa memperkirakan berapa banyak nominal yang harus Anda kumpulkan untuk melunasi utang tersebut.
Gunakan Dana Darurat
Dana darurat bisa menjadi jalan keluar yang dimanfaatkan untuk melunasi utang bank. Dana darurat harus disisihkan 10% dari pendapatan tiap bulannya, sehingga saat terjadi situasi yang tidak diinginkan Anda bisa langsung memakainya. Melainkan, jika Anda terlanjur tidak mempunyai cara menabung untuk dana darurat, Anda masih bisa menggunakan cara lain. Cobalah untuk mengingat apakah masih ada orang-orang yang mempunyai utang pada Anda dan tagihlah utang tersebut, cara lainnya bisa dengan memasarkan barang bekas, ataupun mencari profesi tambahan.
Manfaatkan Aset yang Anda Miliki
Cara melunasi utang yang menumpuk ialah dengan menyewakan kamar kosong ke dalam AirBnB.jpegSalah satu cara melunasi utang bank yang baik Anda lakukan ialah dengan memanfaatkan aset yang Anda miliki. Kalau saat ini Anda sudah mempunyai aset properti seperti rumah/apartemen, cobalah untuk menyewakan kamar kosong ke dalam AirBnB, atau bukalah bisnis kecil-kecilan di rumah yang untungnya bisa dimanfaatkan untuk menutupi sisa utang. Di sisi lain jika Anda mempunyai aset lain berupa kendaraan bermotor, manfaatkan juga dengan cara-cara yang kreatif. Anda bisa menjadi mitra pengemudi UBER, driver GO-JEK / GRAB.
Di sisi lain Anda juga bisa memanfaatkan kendaraan beroda empat sebagai media iklan berjalan. Nantinya kendaraan beroda empat yang Anda miliki akan dilekatkan sticker iklan produk komersil yang sudah bekerja sama dengan perusahaan iklan, seperti Ubiklan dan Sticar. Anda cuma harus mengendarai kendaraan beroda empat tersebut di area-area macet saat jam sibuk. Pendapatan yang bisa Anda temukan akan dihitung menurut per KM. 
Konsultasikan dengan Pihak yang Berpengalaman
Sesungguhnya cuma ada satu cara melunasi utang bank, ialah dengan membayar semua tunggakan. Melainkan jika Anda merasa tidak mampu melunasi semua tunggakan, cobalah untuk berkonsultasi dengan pihak yang lebih berpengalaman, seperti perusahaan yang menyediakan program manajemen utang. Konsultan seperti ini mampu memberikan jalan keluar terbaik dengan memahami situasi finansial yang Anda miliki. Selain itu, jika Anda mempunyai beberapa utang bank sekaligus, konsultan bisa menolong Anda membentuk taktik dan membua prioritas utang mana yang harus diselesaikan terutama dahulu. Kalau konsultan Anda memang profesional dan berpengalaman, mereka tahu persis ragam utang dan suku bunga seperti apa yang harus diselesaikan lebih dahulu, agar seiring waktu Anda tetap bisa menyiapkan uang untuk membayar sisa utang lainnya.
Belajar dari Kekeliruan
Sekali lagi, padahal terjerat utang bank bisa menjadi hal yang traumatis, Anda tetap bisa mengambil hikmah. Jangan jadikan hal ini membuat Anda menyerah dan serba ketakutan dengan pihak bank. Sebaliknya, Anda bisa belajar banyak dari situasi yang pernah Anda natural.  ini bisa mengajari Anda untuk lebih bijaksana lagi menggunakan pinjaman dari bank.  Anda bisa belajar untuk memperhitungkan dengan baik kecakapan membayar sebelum menetapkan untuk mengambil pinjaman.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+