Metode Baru Mengobati Mata Bintitan Dengan Cepat dan Gampang


Hampir seluruh orang pernah mengalami mata bintitan. Walau tampaknya tak seperti itu serius dan benjolan yang muncul berukuran kecil, mata bintitan dapat betul-betul mengganggu hari-hari Anda. Apalagi jikalau Anda sedang ada acara penting dan semestinya berjumpa banyak orang. Wah, mata bintitan dapat jadi kondisi susah besar. Untuk itu, Anda perlu cara kencang yang ampuh hilangkan mata bintitan dengan bahan-bahan simpel yang dapat Anda peroleh di dapur Anda sendiri. Sesudah bagus-bagus lima trik berikut ini.
 Mengenali pertanda-pertanda mata bintitan
Mata bintitan yang juga diketahui dengan istilah medis hordeolum umumnya muncul secara berjenjang dalam beberapa hari. Metode mata Anda akan terasa tak nyaman, seperti ada yang mengganjal atau seolah mata Anda kelilipan sesuatu. Kemudian pada kelopak mata Anda akan muncul benjolan kecil berwarna kemerahan yang mirip seperti jerawat. Benjolan ini berisi abses dan akan membengkak dalam waktu sekitar tiga hari.

Sebab muncul bintitan pada kelopak mata, umumnya mata Anda akan terasa berair dan sedikit sakit sehingga Anda jadi terpengaruh untuk menggosokan mata dengan tangan. Peluh ini tentu betul-betul menganggu karena Anda akan merasa tak nyaman, khususnya dikala berkedip. Pada beberapa kasus, bintitan pada mata dapat membikin Anda lebih sensitif kepada sinar.
Lazimnya mata dapat bintitan?
Pada mata Anda terdapat kelenjar minyak yang dapat tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran, dan kelebihan minyak. Telur kelenjar minyak tersumbat, berbagai-macam kuman seperti Staphylococcus aureus akan tumbuh dan menyebabkan infeksi. Inilah yang mengakibatkan mata bintitan. Kotoran yang menyumbat kelenjar minyak umumnya muncul imbas tangan kotor yang menyentuh mata. Kecuali itu, risiko Anda mengalami mata bintitan akan meningkat jikalau Anda mengidap blefaritis atau radang kelopak mata. Mata bintitan bukanlah suatu penyakit yang serius. Namun gejalanya akan mereda sendiri dalam kurun waktu seminggu.
Metode kencang hilangkan mata bintitan
Kiat mata bintitan tak menyebabkan komplikasi dan akan hilang sendiri, hal ini pasti terasa betul-betul mengganggu walau cuma satu hari saja. Pasalnya, jikalau mata Anda tak nyaman, berprofesi dan menjalani kegiatan sehari-hari malahan jadi susah. Menatap layar komputer atau papan tulis dalam waktu yang cukup lama jadi terasa lebih melelahkan. Metode, Anda susah berkonsentrasi. Anda juga mungkin kehilangan kepercayaan diri dikala berinteraksi segera dengan orang lain. Namun, Anda perlu menuntaskan mata bintitan secepat mungkin dengan berbagai-macam cara alami berikut. 
1. Kompres air hangat
Metode ini sudah diketahui semenjak lama untuk hilangkan mata bintitan. Siapkan kain lembut yang sudah direndam di air hangat (jangan terlalu panas, tapi sebaiknya jauh lebih hangat dari temperatur ruangan). Kompres pada mata bintitan Anda selama 15 sampai 20 menit. Anda dapat mengulangi kompres ini tiga sampai empat kali sehari sampai bintitan hilang. Kompres hangat dapat membantu mengeluarkan abses pada bintitan secara alamiah sehingga infeksinya tak menyebar.
2. Kompres dengan kantong teh celup
Untuk efek yang lebih kencang dan efektif, Anda dapat mengganti kompres air hangat dengan kompres teh. Kompres teh hijau atau teh kamomil rupanya paling bagus untuk menangani mata bintitan. Ini karena teh hijau dan teh kamomil memiliki fungsi antibakteri yang dapat meredakan infeksi. Rendam kantong teh celup Anda dalam air panas selama kira-kira tiga menit. Angkat kantong teh celup dan biarkan sampai suhunya menurun (tapi konsisten hangat) dan sisa-sisa air sudah merembes ke luar sehingga kompres teh tak akan terlalu membasahi mata. Kompres pada mata yang bintitan selama kira-kira 15 menit dan ulangi kompres ini selama beberapa kali sehari.
3. Lidah buaya
Lidah buaya kaya akan kandungan mineral, vitamin, enzim, dan berbagai-macam senyawa lain yang berguna sebagai analgesik atau pereda nyeri, antibakteri, dan antivirus. Namun, lidah buaya merupakan salah satu solusi yang efektif untuk hilangkan mata bintitan. Siapkan daun lidah buaya dan belah untuk mengambil getah atau lendirnya dengan cotton bud. Kemudian oleskan getah lidah buaya tersebut pada bintitan yang muncul di kelopak mata. Anda dapat mengoleskannya selama beberapa kali dalam sehari sampai infeksi berkurang atau hilang.
4. Daun ketumbar
Membersihkan mata yang bintitan dengan daun ketumbar rupanya ampuh untuk meredakan infeksi dan pembengkakan. Daun ketumbar berguna sebagai anti peradangan, antibakteri, antijamur, dan antivirus sehingga mata bintitan yang disebabkan oleh kotoran dan kuman akan hilang lebih kencang. Rebus sejumput atau satu sendok teh daun ketumbar dengan setengah cangkir air. Kemudian tiriskan dan tunggu sampai agak dingin. Namun itu, usapkan daun ketumbar pada mata yang bintitan. Untuk menyembuhkan mata bintitan lebih kencang, Anda juga dapat segera meminum air rebusan daun ketumbar tersebut.
5. Air garam
Garam memiliki kandungan magnesium yang ampuh membunuh kuman dan mengurangi rasa sakit imbas infeksi pada mata bintitan. Untuk memanfaatkan garam sebagai antiseptik alami, larutkan garam dalam air hangat dan aduk sampai rata. Lalu celupkan kain lembut atau kapas pada larutan air garam tersebut dan letakkan pada mata yang bintitan seperti kompres. Diamkan selama 15 sampai 20 menit dan ulangi sampai bintitan mereda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+