Beginilah cara membuka usaha kecil-kecilan sendiri


Merintis usaha sendiri tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal penting yang seharusnya anda persiapkan. Mulai dari ragam usaha yang akan dilaksanakan hingga dengan segi pemasaran. Bila anda kurang pengetahuan dan tidak serius dalam membangun usaha tersebut, usaha anda tidak akan berkembang dan dapat mengalami kerugian.
Oleh karena itu, banyak calon pengusaha yang memakai jasa konsultan bisnis. Mereka berkeinginan dapat menerima taktik dan perencanaan yang matang sebelum memulai usaha yang akan digeluti.

Kabar bagusnya, postingan ini membahas langkah demi langkah memulai usaha sendiri dengan modal yang relatif kecil. Berikut 12 langkah merintis usaha sendiri dari nol yang dapat anda praktekkan mulai dari sekarang.
1. Tentukan Macam Usaha Anda
Buka usaha apa ya? Mungkin pertanyaan ini muncul dibenak anda. Sebelum memutuskan untuk merintis usaha sendiri, penting bagi anda untuk memutuskan ragam usaha dan membaca peluang bisnis ketika ini yang mempunyai prospek cerah.
Kecuali itu, sebaiknya ragam usaha tersebut seharusnya layak dengan minat dan keahlian anda. Percuma menjalankan sebuah usaha namun anda tidak menyenanginya. Anda akan setengah hati dalam mengembangkan usaha tersebut. Bahkan, anda dapat menyerah ditengah jalan ketika merasa bisnis anda tidak layak yang diharapkan.
Coba anda pikirkan terutamanya dahulu sebelum memulai sebuah usaha. Tulis dalam buku catatan seputar minat, keahlian, talenta, dan hobi anda. Disamping itu anda dapat menulis beberapa ragam usaha yang berkeinginan anda rintis.
Sebagai model, anda hobi membikin aneka ragam kue. Dari hobi tersebut anda dapat memutuskan ragam usaha anda yakni membuka usaha toko kue. Lain halnya jika anda minat terhadap fashion. Macam usaha yang layak untuk anda yakni membuka toko pakaian.
2. Segera Lakukan Survei
Setelah anda memutuskan ragam usaha yang akan anda geluti, langkah selanjutnya yakni menjalankan survei dilapangan. Kenapa seharusnya menjalankan survei? Berdasarkan ini penting bagi anda untuk mengenal seberapa besar peluang usaha anda tersebut. Apakah mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi atau tidak.
3. Menyiapkan Modal
Merintis usaha sendiri dari nol bukan berarti nol modal. Anda tetap memerlukan modal untuk memulai usaha anda. Berapa modal yang anda butuhkan? Tergantung usaha yang berkeinginan anda buka.
Pada lazimnya, usaha dengan modal kecil ataupun besar hampir sama aturannya. Anda seharusnya tahu berapa modal yang dianggarkan untuk memulai usaha tersebut.
Disamping itu, jangan habiskan segala modal untuk keperluan usaha yang akan anda jalankan. Minimal sisihkan 40% modal sebagai dana cadangan. Berdasarkan ini untuk mengantisipasi jika usaha anda mengalami kegagalan. Anda dapat memakai sisa dana tersebut untuk membangun kembali atau mengganti usaha anda.
Sebagai model anda berkeinginan membuka usaha toko bakso.  dokterbisnis.net, usaha toko bakso memerlukan modal sekitar Rp. 16 jutaan. Dana tersebut dipakai untuk menyewa daerah, membikin gerobak, perlengkapan masak, meja, kursi, dan bahan baku. Berarti anda seharusnya menyediakan modal sebesar Rp. 28 juta. Rp 16 juta untuk modal utama, sisanya anda simpan sebagai dana cadangan.
Darimana anda menerima modal? Anda dapat mendapatkannya dari pemberi modal, pinjaman bank atau modal sendiri. Untuk membuka usaha dengan modal kecil, sebisa mungkin anda memakai modal sendiri terutamanya dahulu.
4. Perencanaan yang Matang
Merintis usaha sendiri dengan modal kecil bukan berarti asal-asalan. Anda butuh persiapan dan perencanaan yang matang dalam memulai usaha anda. Berdasarkan ini untuk meminimalisir terjadinya kegagalan dalam sebuah usaha.
Perlu anda ketahui, hampir segala kegagalan pelaku bisnis terjadi imbas kurangnya persiapan dan perencanaan yang bagus dalam mengelola bisnis mereka. Bila telah demikian, profit tidak dapat diraup, modalpun habis.
Bagaimana metode menjalankan perencanaan yang matang? Pak Kusnendi,Drs. M.S. menyuarakan bahwa perencanaan usaha meliputi penentuan visi, misi, taktik bisnis, tujuan, kebijakan, prosedur dan peraturan serta anggaran yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah usaha atau bisnis tertentu.
5. Definisikan Keunikan Produk Anda
Dalam menjalani suatu usaha, anda seharusnya berkompetisi dengan banyak pengusaha lain yang sejenis dengan usaha anda. Anda dapat melihat beberapa diantara mereka yang berhasil menarik semacam itu banyak konsumen.
Apa rahasianya? Tentunya mereka mempunyai energi tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh usaha sejenis ditempat lain. Oleh karena itu, definisikan keunikan produk yang akan anda tawarkan pada konsumen.
Selama ini, produk yang laku keras dipasaran pasti mempunyai keunikan tersendiri.  kisah berhasil bakso ojo lali mas triman yang tidak pernah sepi pengunjung tiap harinya. Sang pemilik, Haji Mudo Sartono senantiasa menjaga kualitas bakso via resep serta bahan baku terbaik sehingga terkesan unik dibanding yang lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+