Yuk Wujudkan Impian Rambut Tebal dan Sehat Dengan Makanan Super Ini


Rambut tebal, kuat, dan sehat tentu menjadi idaman seluruh orang, baik laki-laki ataupun perempuan. Untuk mewujudkannya, Anda mungkin tak jarang terbujuk rayuan iklan shampo yang menawarkan produk penebal rambut. Walaupun, hanya dengan rutin makan makanan bergizi seimbang juga dapat menolong menebalkan dan menyehatkan rambut Anda, lho!



Makanan super demi rambut tebal dan sehat

Rambut rontok dan tipis dapat disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya dapat jadi sebab Anda kekurangan nutrisi tertentu. Maka itu, yuk, perbaiki pola makan Anda dengan mengonsumsi makanan sehat berikut ini.
1. Telur
Telur adalah makanan terbaik bagi Anda yang berharap memiliki rambut tebal dan sehat. Pasalnya, telur mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik untuk kesehatan rambut adalah protein, biotin, zinc, selenium, dan nutrisi rambut lainnya.
Hampir beberapa besar folikel rambut mengandung protein. Itulah sebabnya, saat Anda kekurangan protein, rambut Anda akan rapuh dan mudah rontok.
Sementara itu, biotin adalah salah satu zat esensial yang berfungsi untuk memproduksi keratin. Keratin itu sendiri adalah sejenis protein rambut yang membuat rambut tumbuh lebat dan sehat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi lebih banyak biotin dapat menolong meningkatkan pertumbuhan rambut.
2. Stroberi
Stroberi adalah salah satu buah yang dapat Anda manfaatkan untuk menumbuhkan rambut yang tak jarang rontok. Stroberi kaya akan antioksidan dan vitamin yang dapat menghasilkan kemauan Anda memiliki rambut tebal nan sehat.
Antioksidan pada buah stroberi berfungsi untuk menolong menjaga folikel rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sementara itu, kandungan vitamin C pada stroberi juga dapat menolong tubuh memproduksi kolagen, sejenis protein yang dapat menguatkan rambut dari kerontokan.
Untuk meraup manfaatnya, coba konsumsi satu cangkir yang seimbang dengan 144 gram stroberi. Hal ini dapat memenuhi 141 persen keperluan vitamin C harian Anda. Setelah itu, katakan selamat tinggal pada rambut tipis dan mudah patah.
3. Bayam
Bagi Anda yang menyukai makan bayam, teruskan adat istiadat sehat ini. Bayam termasuk salah satu makanan super yang mampu membuat rambut tebal dan sehat, sebab mengandung folat, zat besi, vitamin A, dan vitamin C di dalamnya
Kandungan vitamin A pada bayam menolong kelenjar kulit dalam memproduksi sebum alias minyak natural kulit. Zat berminyak inilah yang akan menolong melumasi folikel rambut dan kulit kepala. Hasilnya, rambut Anda akan kelihatan berkilau, rambut tebal, kuat, dan sehat.
Bayam juga mengandung zat besi yang dapat menolong mengirimkan oksigen ke sel-sel rambut. Dengan mengonsumsi satu cangkir atau 30 gram bayam saja, ini telah dapat memenuhi 54 persen keperluan vitamin A harian Anda.
4. Ikan berlemak
Beragam ragam ikan berlemak, semisal salmon dan tuna, dapat Anda andalkan untuk menolong menjaga kesehatan dan ketebalan rambut. Pasalnya, ragam ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan rambut.
Hal ini digambarkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada 120 wanita yang mengonsumsi suplemen omega-3 dan omega-6. Hasilnya, mereka melaporkan bahwa keadaan sulit rambut rontok yang mereka natural jadi berkurang, malah rambutnya justru jadi lebih tebal dan sehat, seperti dikutip dari Healthline.
5. Ubi jalar
Ubi jalar yang rasanya manis mengandung sejumlah beta-karoten. Tubuh membutuhkan beta-karoten ini untuk diubah menjadi vitamin A yang nantinya dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut.
Selain menolong melembapkan rambut, kandungan vitamin A pada ubi jalar juga dapat membuat rambut Anda tumbuh lebih pesat. Hasilnya, rambut tebal malah tak lagi hanya sekadar impian bagi Anda.
6. Alpukat
Siapa yang tak menyukai buah super yang satu ini. Alpukat dikenal sebagai sumber lemak yang tak hanya terasa sedap saat dimakan, namun juga dapat membuat rambut tebal dan kuat, lho.
Alpukat tak diragukan lagi sebagai buah yang padat nutrisi. Salah satunya, buah yang memiliki daging berwarna hijau ini mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Cuma dengan makan satu buah alpukat ukuran sedang atau sekitar 200 gram saja telah dapat memenuhi 21 persen keperluan vitamin E harian Anda.
Manfaat vitamin E buktinya belum berhenti hingga di situ, lho. Vitamin E pada alpukat juga dapat melindungi area kulit kepala dari oksidan penyebab kerusakan. Dengan seperti itu, folikel rambut Anda jadi lebih kuat dan tak mudah rapuh.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+